Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Accu atau aki pada kendaraan bermotor merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mesin kendaraan. Beberapa fungsi penting juga dimiliki oleh aki ini, seperti menghidupkan sistem kelistrikan mesin dan juga menghemat listrik.

Tidakkah Anda bayangkan jika baterai tiba-tiba habis? Hal tersebut jelas akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi Anda yang biasa melakukan aktivitas dengan bersepeda. Kami kutip dari Trijaya Part Motor, ada cara untuk memperbaiki aki motor yang mati dari membelinya dengan yang baru.

Membeli baterai baru sebenarnya akan meningkatkan biaya perawatan Anda. Tak hanya itu, membeli aki motor baru bukanlah solusi tepat untuk mengatasi masalah aki berlebih. Oleh karena itu, dibawah ini kami akan menjelaskan cara mengatasi baterai mesin yang habis yang bisa dilakukan. Tapi pertama-tama, kami akan menjelaskan dulu mengapa baterai mesin habis.

Penyebab aki mesin tekor

Ada beberapa alasan kenapa aki mesin selalu habis. Bahkan, beberapa penyebabnya tidak dilakukan oleh pemilik sepeda motor itu sendiri. Secara kasar, apa penyebabnya?

Mengganti lampu sepeda motor

Bagi Anda yang suka men-tweak motor khususnya lampu, ternyata aki ini bisa lebih cepat habis. Kenapa ini terjadi? Pasalnya, varian lampu modifikasi yang dipasang di mesin membutuhkan listrik yang tidak sedikit. Ini membuat baterai itu sendiri tidak seimbang. Ini bisa serupa dengan pengeluaran yang tidak sesuai dengan pendapatan.

Bagian kiprok Bermasalah

Kiprok sendiri merupakan komponen yang berguna untuk mengatur muatan listrik ke aki. Jika Kiprok mengalami masalah dapat menurunkan kinerja baterai hingga cepat habis.

Nah, jika ingin mengetahui kondisi kiprok tersebut, Anda bisa mengeceknya dengan cara menyalakan mesin dan lampu depan. Setelah itu, gas menggunakan kecepatan 4000 hingga 5000 rpm.

Jika tegangan display lebih rendah atau lebih tinggi dari 14-15 volt, maka komponen kiprok pasti bermasalah.

Perhatikan muatannya kurang dari kapasitas listrik

Ternyata kurang memperhatikan kapasitas listrik dalam mengisi daya menjadi salah satu penyebab baterai habis. Padahal, kapasitas pengisian daya listrik yang terdapat pada aki mesin bisa berkurang dalam waktu singkat.

Ini bisa terjadi jika mesin tidak pernah menyala atau berhenti dalam waktu yang lama. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah setiap baterai memiliki kapasitas pengisian daya listrik yang berbeda-beda berdasarkan penggunaannya.

Untuk baterai yang hanya digunakan pada sepeda motor, baterai tersebut memiliki muatan listrik berkapasitas 3 hingga 3,5 ampere dengan tegangan hingga 12 volt.

Pengikat baterai aki kendor atau rusak

Faktor selanjutnya yang menyebabkan baterai gagal berfungsi adalah pengikat kendor atau rusak. Pengumpul aki sendiri merupakan komponen perantara untuk menghubungkan listrik ke seluruh bagian mesin.

Komponen tersebut berupa kabel dan komponen pengencang seperti sekrup. Jika salah satu komponen kendor atau rusak pasti akan melemahkan kinerja baterai sehingga menyebabkan baterai cepat habis atau kepanasan, belilah Paket Bengkel Motor agar motor anda selalu terjaga dengan sparepart original dari Trijaya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *