November 13, 2019
  • 11:21 am Harga Terbaru iPhone 11 September 2019 dan Spesifikasi
  • 12:42 pm Tips Menjaga Penampilan Saat Meeting
  • 3:20 pm Destinasi Wisata di Jogja yang Ngehits dan Wajib Untuk Dikunjungi
  • 7:29 am Suka Notebook HP? Ini Dia Notebook HP Keluaran Terbaru Berikut dengan Harga Notebook HP Terbaru di jd.id
  • 3:06 pm YELLO Jemursari, Hotel Pilihan Ketika di Surabaya

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian Nukleus dan fungsinya pada sel hewan. Kita ketahui bersama kalau nukleus atau inti sel ini merupakan satu bagian sel yang didalamnya terdaoat berbagai susunan bangunan sel. Penjelasan mengenai nukleus ini akan disajikan sebagai pelengkap materi sebelumnya mengenai sel hewan.

Jadi akan dijelaskan lebih dalam mengenai apa itu nukleus dan apa saja fungsinya. Selain itu akan dijelaskan mengenai bentuk, ukuran, dan posisi letak nukleus didalam sel. Nukleus atau yang lebih dikenal dengan inti sel merupakan sebuah bagian sel yang memiliki fungsi utama sebagai pengendali atau pusat pada berbagai kegiatan sel. Mengingat didalam nukleus ini terdapat benag kromosom.

Pada umumnya sel sel pada sel hewan ini memiliki satu nukleus sebagai inti. Namun kalau dilihat fungsinya, terdapat sel yang memiliki 2 atau lebih dari inti sel. Nukleus merupakan bagian dari sel yang memiliki ukuran lebih besar dari umumnya organel sel. Nukleus ini memiliki ukuran sekitar 10 sampai 20 nm.

Nukleus ini bisanya terletak di tengah namun juga ada yang terletak di pinggir. Nukleus ini memiliki bentuk lonjong atau bulat yang mirip seperti cakram. Nukleus ini akan dibatasi dengan selaput inti atau yang disebut membrane inti. Hal ini bertujuan untuk mengontrol semua yang masuk dan keluar dari nukleus.

Fungsi nukleus ini dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan pembelahan sel. Selain itu juga sebagai pengontrol semua reaksi kimia. Nukleus juga memiliki tugas sebagai pembawa perintah sintesis pada inti DNA. Mengingat didalam nukleus terkandung sandi DNA yang digunakan untuk menetapkan urutan asam amino protein.

Mengenal fungsi nukleus

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa nukleus ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sel hewan. Berikut ini akan dirangkum mengenai fungsi nukleus:

  1. Sebagai pusat pengendal semua kegiatan yang ada didalam sel
  2. Sebagai pengatur pembelahan sel
  3. Memberikan semua informasi tentang DNA atau genetic melalui pembelahan sel dan akan mewariskan semua sifatnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian nukleus dan berbagai fungsinya didalam sel hewan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan anda lebih banyak tentang nukleus.

eddye

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT