Jejak Peradaban Megalitik Di Jantung Peradaban Jawa Klasic

Belajar sejarah memang menyenangkan, karena didukung dengan adanya berbagai artefak berupa benda atau bangunan kuno. Menururt travel Surabaya Jember Jember merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan benda-benda bersejarahnya. Benda purbakala merupakan saksi utama bagaimana peradaban manusia prasejarah terjadi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah budaya kuno, mari kita lihat salah satu situs kuno Jember yang dikenal sebagai situs Duplang.

Lokasi

Situs Duplang terletak di Desa Kamal, yaitu sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Argapura, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Akses

Sekitar 16 km dari alun-alun kota Jember, dengan infrastruktur jalan yang sempit dan buruk. Diperlukan perhatian dan mengemudi yang optimal

Sejarah situs Duplang

Situs yang berada di areal seluas sekitar 12 Ha ini merupakan peninggalan zaman megalitikum. Berdasarkan informasi yang diberikan pihak penyelenggara, lokasi yang berada di ketinggian antara 270-290m dpl ini memiliki jarak sekitar 69 mil kenong, 6 dolmen, 2 menhir dan 1 lumpang batu serta kuburan batu. Untuk menuju area ini anda bisa mernggunakan travel Surabaya Jember.

Batu Kenong atau biasa disebut Watu kenong (bahasa Jawa) adalah batu yang digunakan untuk lokasi pertunjukan leluhur.

Dolmen merupakan batu besar atau nisan yang setiap sisinya ditopang oleh beberapa batu yang kemudian ditutup dengan batu pipih di bagian atasnya.

Situs Duplang muncul pada abad ke-10 setelah maha karya yang tak tertandingi di Candi Borobudur. Atau sekitar abad ke-4 M, situs ini memperkenalkan kepada kita bahwa di masa lalu di desa ini terdapat kehidupan manusia purba yang berkembang pesat secara berkelompok, menetap dan sudah paham betul cara bercocok tanam yang dibuktikan dengan adanya sisa-sisa lesung tersebut.

Situs seperti ini perlu dikelola dengan baik. Dukungan pemerintah diperlukan agar benda bersejarah dapat dilestarikan dan dilindungi. Mengingat banyaknya pengrajin dan peminat barang antik yang memburu batu kuno untuk dijadikan koleksi pribadi dengan tenaga penjualan tinggi. Agar kita sebagai generasi yang masih bisa menikmati peninggalan tersebut setidaknya harus mengetahui nilai-nilai prasejarahnya agar generasi anak cucu kita bisa merasakannya kelak.

Situs Duplang memiliki nilai warisan dan pengaruh yang tinggi pada awal peradaban manusia di dunia, ini merupakan simbol dari akar budaya negara di masa lalu. Oleh karena itu, jika singgah di kota Jember, sangat penting untuk menjelajahi situs purbakala ini. Pariwisata tidak hanya sekedar berkunjung, tetapi juga mempelajari budaya kehidupan masa lalu yang memiliki nilai sejarah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *