Begini Cara Mudah Membedakan Batik Asli

Orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan baju batik. Mudah untuk menemukan pakaian yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya. Namun, meski terlalu sering melihat batik, masyarakat masih kesulitan membedakan mana yang asli atau yang palsu. Tapi tenang ibu-ibu, untuk meminimalisir masalah ini, Asosiasi Ahli dan Produsen Kriya Indonesia (ASEPHI) telah memperkenalkan stiker batik hologram original yang digunakan oleh para perajin batik peserta INACRAFT asal Pekalongan sebagai pilot project.

Presiden Badan Pimpinan Cabang Pekepongan ASEPHI Rommy Oktabirawa mengatakan, hologram batik merupakan tanda untuk melindungi batik tulis, prangko atau kombinasi stempel tertulis khusus untuk konsumen, agar menjadi konsumen yang cerdas.

Jaminan Hologram Batik Asli ASEPHI merupakan upaya menjamin keaslian batik yang dibeli konsumen sebagai wujud kepedulian ASEPHI untuk mengedukasi masyarakat. Yang dimaksud dengan membatik adalah sebuah proses, tidak dievaluasi berdasarkan motif, dalam acara peluncuran hologram Batik di INACRAFT 2018, Jakarta Convention Center, Jakarta).

Rommy menjelaskan bahwa menggunakan hologram bukan hanya tentang mendidik pengguna. Di sisi lain, hologram dapat melindungi hasil karya pembuat atau produsen batik. Sebab, batik Indonesia diekspor ke luar negeri, tetapi ada yang mengklaim batik dari negara lain. Oleh karena itu, ini dapat diperiksa dengan hologram yang terdaftar.

Hologram batik asli belang ini bermula di Pekalongan dan Jawa Tengah, atas prakarsa pengurus ASEPHI pada tahun 2018 memutuskan untuk bekerja sama mendukung upaya pelestarian batik asli dan memberikan edukasi kepada komunitas pembeli dan pecinta batik. Sedangkan pemaknaan batik merupakan proses yang tidak dievaluasi oleh motifnya, namun karena kurangnya pemahaman dalam menilai batik mana yang asli maka kebanyakan orang menganggap produk motif batik sebagai batik.

Setelah informasi yang Anda miliki di atas, sekarang jika Anda ingin membeli batik perlu melihat apakah ada stiker atau tidak, sekarang apakah sudah pasti itu adalah batik asli. Cintai produk Indonesia dengan membeli yang asli.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *