Alasan Kenapa Kartu Kredit Ditolak Saat Pengajuan

Selama wabah seperti ini, penggunaan uang tunai telah dikurangi sebanyak mungkin. Alhasil, transaksi uang elektronik meningkat, termasuk pengajuan kredit ditolak. Mengajukan permohonan kartu kredit bukanlah tugas yang mudah. Jika Anda ingin membuat kartu kredit, perlu diketahui bahwa pengajuan kartu kredit dapat ditolak karena beberapa alasan.

Siapapun dengan pendapatan bulanan tetap belum tentu mendapatkan kartu kredit. Bahkan banyak yang mengajukan berkali-kali, tapi pengajuan kartu kredit juga ditolak. Oleh karena itu, untuk menghindari pengajuan kartu kredit ditolak, mari kita pelajari dulu apa saja pertimbangan bank saat mengajukan permintaan pelanggan untuk membuat kartu kredit.

1. Periksa riwayat hutang Anda

Perlu Anda ketahui, saat melamar, pihak bank akan mengkonfirmasi atau mengonfirmasi kelayakan seseorang untuk mendapatkan kartu kredit. Salah satu alasan pengajuan kartu kredit ditolak adalah memiliki riwayat kredit yang buruk. Dengan riwayat tunggakan angsuran atau kredit macet, ini berpotensi gagal membayar jika Anda memiliki kartu kredit. Itulah sebabnya bank menghindari risiko gagal bayar.

Karenanya, jika Anda ingin mengajukan kartu kredit, pastikan Anda telah melengkapi semua kredit yang tersedia. Anda tidak mau menyerah pada utang yang membuat bank berpikir ulang saat memberikan pinjaman.

2. Dokumen tidak lengkap

Alasan lain mengapa kartu kredit ditolak adalah dokumen yang tidak lengkap. Umumnya, dokumen yang dibutuhkan saat mengajukan kartu kredit antara lain fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, dan cek rekening tiga bulan terakhir. Jika Anda kehilangan salah satu dokumen yang diperlukan, permintaan akan ditolak secara otomatis.

Bank di Indonesia biasanya memiliki batasan pendapatan minimal bagi pengguna kartu kredit Rp 3 juta per bulan, bahkan untuk limit terkecil sekalipun. Jika Anda menginginkan limit yang tinggi, gaji kotor Anda harus melebihi Rp 3 juta.

3. Gaji tidak sama dengan limit lamaran

Alasan lain untuk menolak aplikasi kartu kredit juga terkait dengan ini. Pasalnya, banyak calon nasabah yang membutuhkan kartu kredit berkapasitas tinggi meski gaji mereka masih standar. Jenis permintaan ini otomatis ditolak oleh bank.

4. Bukan pegawai tetap

Nah ada satu hal lagi, Anda, kartu kredit biasanya sangat sulit mendapatkan pekerja mandiri dengan penghasilan yang tidak menentu. Meski penghasilan freelancernya tinggi, bank sangat selektif dalam memilih calon nasabahnya. Namun, jika Anda adalah karyawan independen, Anda dapat menyerahkan SPT tahunan sebagai pengganti slip gaji. Bank akan memeriksa apakah pendapatan minimum untuk pekerja mandiri masih dalam batas aman jika diberikan kartu kredit.

5. Pengajuan lebih dari satu

Alasan lain penolakan kartu kredit adalah jika Anda mengajukan lebih dari satu kartu kredit dalam satu waktu. Seseorang yang ingin mendapatkan lebih banyak kartu kredit merupakan indikasi bahwa dia membutuhkan dana yang besar dalam waktu singkat.

Hal ini berpotensi menambah hutang dan menyebabkan kredit macet. Namun, Bank Indonesia menawarkan keleluasaan kepada setiap orang untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit dengan syarat penghasilan melebihi Rp 10 juta per bulan.

Selain masalah gaji, kredibilitas perusahaan juga berperan dalam ditolak atau tidaknya pengajuan kartu kredit. Perbankan di Indonesia memiliki daftar perusahaan dengan reputasi yang berasal dari berbagai tempat, khususnya Bank Indonesia.

Perusahaan yang terdaftar sebagai kredit macet di Bank Indonesia kemungkinan besar tidak akan menyetujui aplikasi kartu kredit untuk karyawan mereka. Sebelum mengajukan permintaan, pastikan bisnis Anda tidak pernah terlibat masalah keuangan.

6. Kredibilitas calon nasabah

Bank juga akan menilai kredibilitas prospek. Bank hanya dapat menilai bagaimana perilaku nasabah di tempat kerja. Pelanggan yang sering berganti pekerjaan akan dimasukkan dalam daftar lamaran yang ditolak. Karena mereka dianggap tidak memiliki penghasilan tetap untuk jangka waktu tertentu dan dianggap tidak setia pada kewajibannya.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa pengajuan kartu kredit Anda ditolak. Jika pengajuan kartu kredit Anda ditolak, Anda dapat mencoba membuka rekening tabungan dengan saldo terlebih dahulu. Hal ini memudahkan bank untuk memverifikasi aliran likuiditas keuangan hingga permohonan dapat disetujui.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *