Al-Quran Sebagai Mukjizat Terbesar

Mukjizat Nabi Muhammad memiliki kekhususan bila dibandingkan dengan mukjizat yang dimiliki Nabi lainnya. Hampir semua mukjizat yang dimiliki nabi sebelumnya dibatasi oleh ruang dan waktu, artinya hanya diperlihatkan kepada orang-orang tertentu dan pada waktu-waktu tertentu. Sedangkan mukjizat Alquran bersifat universal dan abadi, yakni berlaku bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman. Oleh karena itu dikutip dari kemukjizatanalquran.com, Alquran adalah mukjizat terbesar dari semua mukjizat atau keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada nabi-nabi sebelumnya dan kepada Nabi Muhammad itu sendiri.

Mukjizat para nabi dan rasul masa lampau berupa mukjizat material yang bersifat indrawi, namun mukjizat Nabi Muhammad berupa mukjizat spiritual yang rasional dan abadi yaitu Alquran al-Karim sebagai yang terbesar. keajaiban di antara keajaiban yang diberikan kepadanya. Demikian pula, mukjizat yang sebelumnya diberikan kepada para nabi dan rasul tidak lagi terlihat dan tanda-tandanya tidak lagi terlihat, kecuali kisah-kisah yang dapat ditemukan melalui penyampaian Alquran sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad.

Namun, mukjizat para nabi dan rasul sebelumnya hanya dalam bentuk mukjizat indrawi yang sesuai dengan zaman dan zaman di mana mereka diutus dan diangkat menjadi nabi. Misalnya, zaman Nabi Musa, adalah zaman kesempurnaan ilmu sihir, sehingga mukjizat utamanya adalah tongkatnya bisa berubah menjadi ular, untuk mengalahkan ular penyihir.

Zaman Nabi Isa (as) merupakan jaman kemajuan ilmu kedokteran, sehingga mukjizat utamanya adalah menyembuhkan penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan obat biasa yaitu menyembuhkan orang yang buta rahim dan orang yang menderita sakit. kusta (rambut palsu), dan menghidupkan kembali orang-orang sejak zaman Nabi Muhammad. Saw adalah masa keemasan sastra Arab, sehingga keajaiban utamanya adalah Alquran, kitab suci yang ayat-ayatnya mengandung nilai sastra tinggi sehingga tidak ada yang bisa membuatnya serupa dengan Alquran. Ajaran Alquran adalah keabadian dan menyempurnakan ajaran dari kitab-kitab sebelumnya.

Mukjizat menurut bahasa adalah sesuatu yang luar biasa, yang melanggar adat istiadat yang diturunkan Allah SWT kepada seorang Nabi, menyiratkan ramalannya dan orang biasa tidak bisa. Menurut al-Jurjani mukjizat adalah hal luar biasa yang melanggar kebiasaan, mengajarkan kebaikan dan kebahagiaan disertai dengan tudingan nubuatan, bertujuan untuk mengungkap kebenaran seseorang yang menuduhnya sebagai utusan Allah SWT.

Dalam Islamic Encyclopedia disebutkan bahwa mukjizat membuat sesuatu menjadi tidak mampu, atau sesuatu yang luar biasa dimana manusia tidak dapat mencapai sesuatu yang serupa. Sesuatu yang luar biasa bagi seorang Nabi. Kebesaran ditantang, tetapi tantangan itu tidak dapat mengatasinya. Sedangkan menurut Muhammad Hasan Hito mukjizat adalah sesuatu yang luar biasa, yang melanggar adat istiadat, disertai tantangan, kemunculan Allah SWT kepada Nabi atau Nabi, sebagai pembenaran atas tuduhannya dan orang yang diutusnya. , belum bisa mengalahkannya. Menurut al-Zarqani, mukjizat adalah sesuatu yang melemahkan seorang manusia atau makhluk hidup.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *